Minggu, Mei 03, 2009

- > LET'S heal the world ....!

Satakan kembali harus bangun agak pagi lantaran sasaran yang akan dituju lumayanlah, ....... sekitar 7-8 kilometer ke arah selatan dari Denpasar.
Ada apa gerangan, kok pake sesaran...? Mau nembak ya .....? Haha ... biasalah, genjot ke lokasi start funbike yang kali ini Minggu, 3 Mei 2009 diselenggarakan oleh STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Nusa Dua. Lokasi startnya di lapangan parkir Hypermart mall Matahari Galeria.

Menurut rencana, Funbike STP Nusa Dua ini akan menempuh jarak sekitar 20 kilometer ~ dari patung Dewa Ruci simpang siur ~ menuju Nusa Dua, finish di Nusa Dua peninsula (di tempat finish-nya Ayodya Funbike tempo hari, Adm).
Tapi, isue yang berkembang ~ akibat adanya ADB International Conference di Nusa Dua ~ konon route akan dirubah! Start dan Finish di Hypermart, tapi tentang perubahan routenya belum jelas lantaran tidak ada pengumuman resmi dari panitia penyelenggara.

Kita pending dulu tentang penyelenggaraan funbike ...Ok, kita ikuti dulu perjalanan satakan menuju hypermart.

Tuh ...., ada 2 orang di depan, Om Koming dan Om dejaya sedang melintas mendekati pertigaan Pasar Sanglah. Waktu menunjukkan hampir pukul 06.00, suasana masih gelap di pasar sanglah, tapi ramenya...! Namannya juga pasar...!
Ngomong-ngomong, satakan yang lain mana, kok cuman dua orang.
Haha .... , according to Om dejaya ............... pada nggak jelas!!
Om kunyit yang ngedar kupon tidak ada laporan siapa-siapa yang akan ikut, ...... sedikit gebe! (baca: gabeng ....!!!!). Tampaknya pada sibuk atau ....... mungkin keder dengan route Nusa Dua.

Keder .....? Nggak lah, ....... cuman 28 kilo (dari Denpasar KM ground zero) kok .....!!!!

Masalah jauh sih seharusnya bukan persoalan, baru 28 KM ............. (hahaa, sombong nih ye...!).
Mungkin genjot pulang dari Nusa Dua tampaknya yang jadi persoalan. Ya .... rada-rada siang gitu deh ........pannnnaaaaaaaas ....!!!!

Tanpa disadari, satakan sudah sampai di depan pura tanah kilap, ...... suasana juga sudah terang. Ambil sortcut kekiri setelah jempatan kita sudah ada di bypass. Tinggal nyebrang saja, sampai deh di lapangan parkir (timur) hypermart.



Haha ......, Om sompe sudah ada di lokasi. Ya sih, dia rumahnya dekat di sekitar pemogan. Dua kali genjot aja udah nyampek di simpang siur ..... (baca: Persimpangan Patung Dewa Ruci).


Beberapa orang satakan pesepeda lainnya juga sudah tampak, .... tuh, ada Om Lembo.......!
Wah... tattoo lengannya keren oiiiii ...! Bukan,... itu bukan tattoo kok! Pang seken ne!!! Kemarin bela-belain megadang kepeteng kelemah ngambar tattoo di selop lengannya. Wow.... lengan bajunya megetep lagi!!! Keren kren ..........!!!! (Ten ada lebih selop lengenne gungtu ....., gigisang maca!!!!).

Kik ...kik ...kik, Om Endra .... kenken to..? Kok pake di tutup-tutup segala? Takut terbang "buyung" nya ya .......... hahahaaaa .....


Berangsur-angsur pesepeda semakin banyak. Total jendral (tanpa bintang!), mungkin ada sekitar 800-an pesertalah. Kok sedikit? Ya itu tadi ......, mungkin pada berpikir. Karena rencana finish di Nusa Dua, jadi yang terbayang adalah genjot pulang ..... panas! Mending dapat door prize, ..... ada penyemangatlah ..!!!!!


Mendekati pukul 07.00 lebih sedikit ..... (biasalah molor kit!), there are announcement dari Panitia: " ....... bla... bla ...bla....., dan kepada para bikers peserta agar menuju ke pintu keluar di sebelah barat, ... STP funbike akan segera dilepas ....!"
Menuju ke tempat pelepasan (pispot kalik ....?), peserta melintasi areal parkir persis di bawah hypermart, kayak masuk tunnel gitu..!


Om Dede (Mc Dee) sebengne nduk san ......,
pasti belum kena penyemeng (sarapan) pan siap ya...?


"Pesertanya limangtali kuang satak, satak, satak, .......!"
Yang pakai Shorts merah denda 5000 ....!!!!
(baca: Goseng....!!!!)

Menjelang start


STP Funbike ini diselenggarakan oleh mahasiswa STP Nusa Dua Tingkat akhir, di mana konon kepada mereka ditugaskan mengkemas sebuah event ~ semacam applied education ~ yang memiliki nilai "jual" kepada masyarakat umum. Jadi, tampaknya komunitas sepeda harus angkat topi kepada mahasiswa penyelenggara, karena setidaknya mereka melihat event bersepeda adalah sebuah peluang. Dari thema yang diangkat: "Let's heal the world" lagi-lagi menambah nilai plus untuk mereka! Mereka tidak saja melihat peluang business, tapi mereka juga adalah mahasiswa yang peka terhadap alam, kehidupan, dan lingkungan ........!
Ada pesan yang mereka kemas melalui funbike, ...... mereka ingin mengajak kita semua untuk memperbaiki bahkan menyehatkan kehidupan dan lingkungan yang semakin rusak saja, dan mereka melihat bersepeda adalah salah satu jalan yang PENTING! Wah hebat ya mereka .....!!!!!

"3, 2, 1 ........Gggooooo....!!!!!"
Wah balonnya cuman 10! Ada maknanya nggak ya?
Atau panitia kehabisan modal ....... hahaha .......
Just kidding bro .....!

Selepas start, dari pintu keluar hypermart peserta diajak ke barat, kemudian took a u-turn mengelilingi patung dewaruci, berbalik arah menuju ke timur di bypass Ngurah Rai.


Dejaya menikmati patung apa patung ..........



Sebelum Benoa, masuk ke jalan lama menuju Kepaon.

Di daerah kepaon berbelok ke barat, ..... keluar di jalan Imam Bonjol persis di pompa bensin abian timbul ke selatan menuju arah perempatan Sunset road, .................................

Kalau waktu Dangin Peken Funbike ada manusia busung dan laba-laba merah meudeng-mekamen jadi pemulung, tuh lihat ada anaknya laba-laba merah megandeng .......! "Kenyel merayap pak...!" jawab bapaknya ketika ditanya: "Loh kock laba-laba merahnya megandeng...???" Ada-ada aja ....!

"Lo ... kok laba-laba merahnya megandeng ...?
Pasti kecapean merayap ya .......?


"Awas di belakang, kel ngentut dik .......pssssstt...!"
"Aduh boonne ..........! DR. Desie kena dus-dus di belakang Turah Gde....!"

...................................... melewati Carefore, ............

kembali ke patung dewa ruci, .....................................


........ dan finish melalui pintu masuk di bagian timur hypermart.
Ah ...... dekat sekali, paling hanya 10 KM!!!!

"Bih..... cameramennya tersenyum! Sadar kamera ya ......!"






"Ada kupon ada snack ......!"


"Awas kene pasal 33 bli .......!"


Ach... panggungnya sak upriiitttt ...!!!!



"Arum-arum we .........!"



Kata Om Dodi: "Lelasan ne nginyah ajak satak .......!!!"


"Nyidang gen ........, monto ramene, megadang ibi sanje de .....?"



Ok, karena event ini adalah sebuah proses belajar-mengajar di STP Nusa Dua, boleh dong kita ~ komunitas sepeda ~ ngasi sedikit saran; "Letakkan kepuasan peserta/konsumen di atas prioritas mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya!" Misalnya dengan: Harga jual yang reasonable, ........ tidak terlalu tinggi .... (jangan sampai di tengah jalan merubah harga, ...beda dong dengan discount, price off...), kemasan entertainment yang lebih baik dan variatif ..... (liveshownya mana.....?), lebih profesional ...... (perubahan route seyogyanya diinfokan dengan lebih bertanggung jawab).

So far, .... altogether, secara teknis penyelenggaraan funbike cukup baik, walaupun route (perubahan) agak tanggung, kurang lebih cuman 10 KM! Sebagian besar peserta merasakan kurang panjang, ..... sedeng enak-enaknya bersepeda, .... keringat baru saja mulai keluar, eh...eh.... nyampek di finish. Sayang ya, kalau saja route Nusa Dua tidak berubah, sambil berwisata ........ pastinya lebih assyyiikk!!!

Salute deh untuk mahasiswa STP yang menghargai kehidupan, alam, dan lingkungan yang sehat untuk kepentingan pariwisata. Begitulah seharusnya, "PARIWISATA UNTUK BALI BUKAN BALI UNTUK PARIWISATA!"
Kalau Patkay dosen STP (berandai-andai nih!), mereka pasti lulus semua dengan catatan: seluruh mahasiswa tingkat akhir harus bersepeda secepatnya........., pokoknya sebelum yudisiumlah!!!!!! LET'S HEAL THE WORLD .......... ! STOP ALIH FUNGSI LAHAN ...!

Salam Satak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar