Minggu, Mei 10, 2009

- > GOSENG telaaaaaaaaat..! Uyak sepeda ajak satak di Kaliungu Kaja ..!

Nama sakralnya I Gusti Ngurah Wirata ~ pesepeda cukup senior di kalangan komunitas ~ tapi oleh sejawat beliau ini dikenal dengan nama Mr. Goseng yang diplesetkan jadi Goceng a.k.a. 5000! (Behhh....! Liunan ken satak = 200). Kalau anda pesepeda yang sudah biasa "genjot bareng komunitas" pastinya sudah akrab dengan nama Goseng Wear di jersey atau di bandana yang banyak dikenakan oleh pesepeda, .... nah itu adalah salah satu produksi Mr. Goseng. Kalau anda berminat dengan produksinya bisa anda dapatkan di Jayakarta bike shop! Oooopsss..! Kock jadi promosi! (.... inget ongkos promosinya Ji ...!).

Kita kembali ke Goseng.


Karena melekan di kampung kemarin malamnya, mr. Goseng jadi telat datang berkumpul di Kaliungu Kaja Minggu 10 Mei 2009. Saking pengennya ikut genjot bareng komunitas, .... sampai detik-detik akhir keberangkatan ~ sementara komunitas sekitar 30an orang sudah berkumpul sejak pukul 06.30 ~ ketika beberapa kali dihubungi per telepon oleh Gung Lembo (right insert: berkaca mata hitam, ...sedang menoleh ke hadapan anda) ~ sang komandan incharge pada aktivitas minggu "Kaliungu Kaja genjot bareng komunitas" ~ ....... jawabannya klasikal: "Sudah di jalan, tunggu sebentar ....!"

Entahlah, sebenarnya sudah di jalan raya apa di "jalan" menuju ke kamar mandi ...? "Hahahaaaaa ... nyidang gen Jik Goseng...! kata Bayu Ariwangsa (right insert: belakang), ...... ditimpali oleh I Wayan Budiasa a.k.a. Yande (SMS) Pedungan (right insert: depan, berbaju merah): "Sakit kanti jit e negak ngantosang!"

Mendekati pukul 08.00, ....... "akhirnya datang juga!" Waduh lari VW kombinya kayak di uber maling .... eh ...eh .... kayak nguber maling maksudnya ~ sementara Om Wayan (cogroh) Suwitra pun dengan sigap bantu mengeluarkan sepeda dari dalam VW ~ ...... Mr. Goseng tampak sedikit tergopoh-gopoh dan roman wajah yang agak memerah (......... nggak tahu apa malu karena terlambat atau belum mandi ? hahahaaa.... kesian deh loe...!).
Ketika didekati, sambil menyembunyikan wajahnya: "Aduh ..aduh ...... sory! Malu sekali loh ...., banyak sekali temen yang nunggu kayak fun bike, ..... jadi malu!"



Ok! Kita biarkan Mr. Goseng menikmati kemaluannya ....... eh eh, .... rasa malu maksudnya (sorry kepleset terus ..!), ..... siap-siap untuk berangkat, ........ komunitaspun langsung berrrrrrr.......... berangkat ke arah utara keluar dan berbelok ke kanan di jalan Supratman.


Sasaran akhir dari genjot bareng kali ini adalah obyek wisata Tanah Wuk, hanya sekitar 600 meter dari monkey forest Sangeh. Tapi untuk menuju ke sana, kita akan menikmati atmosphir pesawahan dan perkampungan. Pokoknya berusaha melintasi jalan-jalan out beyond the city.

Yang pertama dulu, setelah melewati jalan Trijata ...... termasuk gang-gang kecil ke utara, kita keluar di jalan Gatsu timur. Kurang lebih 200 meter ke timur, persisnya di traffic light kita berbelok ke utara menuju Wongan-Penatih- ..... jalan Cekomaria ........ terus ke utara keluar perbatasan desa kedua, masuk persawahan pertama yaitu subak Duaji Sibang Gede.


Melintasi lintasan berupa jalan irigasi persawahan (jalan subak, adm), memerlukan konsentrasi cukup tinggi dan handling yang baik dalam bersepeda, karena jalannya hanya setapak kadang-kadang banyak lubang atau bekas aliran air permukaan yang hanya ketutup jerami. Sedikit saja kehilangan konsentrasi, apalagi keseimbangan sudah terganggu, ... waaaahhhh .... salah-salah bisa jungkir balik ke tengah sawah atau ke saluran irigasi.


Nah kan, ....... tampaknya ada accident di depan! Karena ban sepedanya kepleset keluar dari jalan setapak, .... sehingga kehilangan keseimbangan, ..... pak Koming kecebur ke saluran irigasi yang cukup lebar dan agak dalam ......... "byuuuuurrrrr.....!" Kasihan deh pak Koming, ..... hape, dompet, celdal ... basah semua..!

Waaahhh, sayang Patkay ~ si wartawan kuncung ~ jauh di belakang, kagak ketembak deh adegan langka tadi .........!

"Makanya, ...............
sampun lingsir sampunang milu ajum pak Koming, kik kik kik ..."
guman Bayu Ariwangsa (photo kanan).

Hampir 3 KM jalan setapak irigasi persawahan kita lalui, ..... akhirnya keluar persis di jembatan jalan raya Sibang-Angantaka.

Dari Jembatan ini, kita ke barat hanya sekitar 500 meter, ...... nyebrang perempatan Sibang Gede kebarat menuju pedesaan.

Tidak saja pedesaan, bahkan nantinya kita akan menikmati lintasan jalan setapak perladangan juga suasana di bawah pohon kelapa. Masih cukup asri dan udaranya segar!

"Ada apa lagi neh, kock antre ........?"


Kadang-kadang kita akan melintasi jalan setapak berliku yang cukup terjal, sempit dan banyak celah bekas aliran air permukaan. Bagi para maniak MTB sudah pasti medan seperti ini akan "disikat" dengan lahapnya. "Asssyyyiiiikkkk ....!" katanya. Tapi bagi pesepeda yang produksi adrenalinnya sudah tipis atau yang tidak terbiasa, .... dari pada jungkir balik jadi bahan tertawaan, lebih baik cari aman .......... dituntun aja deh sepedanya..!!!!!!
Sebenarnya, sedari masuk ke pedalaman sibang, banyak treck yang mengasyikkan, alami .... bahkan menyusuri tepi sungai yang damai. Dalam perjalanan kali ini tidak banyak terekam, tapi sekedar ada bayangan, ...... ada tangga panjang di depan pura dalem Sibang Kaja yang sangat di gemari oleh para maniak MTB, .... silahkan simak di sini! ..... atau yang ini! ........ Atau yang ini ada adegan stunt man!

Singkat cerita, perjalan dari pedesaan Sibang Kaja akhirnya kita akan keluar dari bawah jembatan Mambal. Tuuuuhhhh ...! Mereka sedang istirahat sejenak sambil menunggu teman.

Menunggu teman di Jembatan Mambal!

Dari Jembatan mambal, .... on road sepanjang hampir 5 KM melewati jalan raya Latu sampai abiansemal. Sebelum berbelok menuju pasar Abiansemal, kita ambil jalan lurus ke utara. Masih on road tapi suasananya pedesaan.

"Pisang surudan Betara Kahyangan niki, ....
sira kayun ....... jaen sajan!"



Asssyyyyiiiikkk, ...... ketemu persawahan lagi. Persawahan ini termasuk subak blahkiuh kelod (selatan, adm), .... udaranya cerah dan segar, ...... pemandangan persawahannya dilatarbelakangi oleh 3 buah gunung ........ waaaahhh ..... indah buaaaanget, ... bak lukisan! Sayang kalau di lewatkan, .......berphose narsis sebentar yuuuukkk.....!



Ngewarung sebentar di wilayah banjar Selat, Sangeh!

Photo di bawah menunjukkan pesepeda sedang beristirahat sambil menunggu teman, posisinya di sebuah pertigaan dimana ke kiri ~ ke arah barat ~ adalah jalan menuju ke Sangeh, dengan terlebih dahulu melintasi sebuah permandian ...... atau mungkin sebuah "beji" (kolam permandian yang disakralkan, adm) yang cukup besar, indah dan sejuk sekali.

Sekitar 2KM kita sudah sampai di obyek wisata Sangeh, salah satu Mokey forest yang paling terkenal di Bali.

"Monkey Forest" Sangeh

Keep going ke arah utara from Sangeh, ...... sekitar 600 meter kita sudah sampai di tempat tujuan, yaitu Obyek Wisata Tanah Wuk. Tapi, kelihatannya sasaran utama adalah dagang sate di pinggir jalan persis di bibir jalan masuk ke Tanah Wuk.
Sementara teman-teman pesepeda dengan tidak sabaran nyerbu dagang pepes lindung, sate babi, jukut urab (sayur urap, adm), nasi sela (nasi yang dicampur dengan ketela, adm), ...... Patkay dengan beberapa teman masuk ke Tanah Wuk .....


Nampang di Tanah Wuk.

Di Tanah Wuk ini anda dapat menikmati obyek pemandangan alam berupa lembah perbukitan (green valley) dengan sebuah goa alami yang indah. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat pacaran oleh pasangan lokal, ..... jangan khawatir, ...... penginapan tersedia juga kock di sini! Namun .......... aaaacchh! sayang sekali, .... feeling saya mengatakan, sepertinya di sini ada obyek "gelap!" ......... wanita-wanita seberang lautan yang nggak jelas gitu deh ...!

Puas menikmati keindahan lembah perbukitan di Tanah Wuk, kita bergabung kembali dengan teman-teman pesepeda lainnya yang sudah dengan lahapnya menikmati nasi sela, tum lindung (pepes belut, admin), sate babi, jukut urab ...... haha .. ada tupat cantoknya juga loh.



"Biiihhhhh .... Wayan Cogroh tidak sabaran ........!"


Coba lihat porsinya: ada nasi sela, ......... tum babi,
pepes lindung, jukut urab, .....
Tak ketinggalan es kelapa muda menambah nikmatnya
suasana makan di Tanah Wuk!.




Hampir satu setengah jam beristirahat sambil menikmati makan siang dalam suasana guyon akrab komunitas pesepeda, ...... sekitar pukul 11.30 kita genjot pulang .... onroad dan bonnnuuuussss .....!


Thank you guys, ...... senang bisa bersama .... sampai jumpa di lain kesempatan!
Salam Satak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar