Minggu, November 16, 2008

- > PPM Ubud Fun Bike 2008

Ubud; Minggu, 16 November 2008
Empat orang satakan; dekotel, komang, dewa, dan ajus ......, sekitar pukul 05.30 wita akhirnya meninggalkan balai banjar, genjot menuju Ubud via Penatih-Angantaka-Kutri-Negari-Lod Tunduh-Ubud........... Satakan lain ditunggu-tunggu nggak muncul-muncul, ... masih tidur? Mungkin ada kerjaan lain hingga tidak jadi ikut, .... atau m.a.l.a.s, karena akan diajak genjot pp dps - ubud + rally 15 km, haha...!!!!
Sasarannya adalah depan Puri Ubud. Pemuda Panca Marga Ranting Ubud lagi ada hajat "FUNBIKE RALLY". Wah pasti bakalan ramai, karena Ubud merupakan salah satu obyek wisata sepeda yang disenangi tamu ......

Anyway, bussway ........ , pagi itu udaranya segar dan bersih. Cuaca cukup cerah, dan belum banyak asap kendaraan, ........hingga pandangan bisa lepas ke kejauhan, sementara kaki tetap genjot pedal sepeda.
Barangkali karena route yang kami lalui memang relatif menanjak terus, ........ tanpa terasa terkuras juga tenaga ini. Ah masak sih? Selidik punya selidik, ...... sepanjang jalan Kutri - Lod Tunduh beberapa kali pandangan terganggu oleh krumunan orang di pinggir jalan. Yang dikrumuni adalah "dagang gantal" di pinggir jalan, "bubuh......!!!!!!" (= bubur), ...... tanpa bertanya langsung dapat jawaban.

Jawaban ini seolah-olah datangnya bukan dari otak, tapi dari perut....! Ah, lapar rupanya!

Ya, memang banyak sekali dagang bubuh yang kami lalui ..........., lirik jam......., sekitar pukul 06.30, masih pagi rupanya. Tidak perlu rapat, kamipun berhenti di depan sebuah warung dekat banjar Lod Tunduh, istirahat ...... beli bubuh! Bagus juga, kebetulan belum sarapan.

Kelihatannya bubuh ini khas Gianyar deh! Di atas "beberan" bubuh di taburi bumbu santan, ... orang bali bilang "basa kele", kemudian di atasnya ditambahkan sayur urab, ada daun kacang, daun ubi, ....eheh... pakai kool juga! Jangan tanya ikannya apa? atau dagingnya apa? Biasanya paling di variasikan dengan kacang goreng.

Namanya juga makan bubur, 9 + 1 ,... sop-uluh, sop-uluh, .... cepat sekali.
Dekotel, ajus, dan komang sempat terkejut, apa pasal..........?
Tiga porsi bubuh cuman Rp. 3000,-- Jadi satu porsinya cuman Rp. 1.000,-- .........., hari gini masih ada makanan seribu rupiah satu porsi...? Nggak salah dagangnya, ...... atau mungkin dagangnya kasian sama kita ........., soalnya di jaman orang sudah naik sepeda motor, ....... eheh masih naik sepeda! Hahaha .... "makasih bu...!!!!!

Ah, agak seger......, ayo lanjut. Kita kejar waktu biar bisa ikut start! Kamipun melanjutkan perjalanan menuju Ubud. Sasaran akhir adalah tempat strat rally, .... depan Puri Ubud.

Pukul 07.00 wita, pesepeda sudah pada bergerombol di belakang spanduk start. "Nunggu Bapak Bupati...!" terdengar bisik-bisik panitia berpakian kaos loreng khas Pemuda Panca Marga (PPM).

Ya benar, ...... beberapa menit kemudian, Bupati Gianyar yang juga tokoh Puri Ubud, ..... Cok Ace! begitu nama beken beliau datang juga, langsung menuju sepeda......., mau genjot juga rupanya. Bagus deh pak Bupati.......!

Kalau saja semua Pejabat cinta sepeda, bakalan dicontoh deh sama rakyatnya, ...... masyarakat jadi "berseri ..........., (sorry, .... pinjam istilahnya Lelasan): ............. bersepeda setiap hari!"
Ya....., paling tidak seminggu sekalilah. sambil "Jumatan!", .... bukan sembahyang jumat loh!"

Tapi, .......ngemeng-ngemeng, kok pesertanya dikit ya?" Paling banter 500 sampai 600-an orang pesepeda. Bayangan sebelumnya Ubud akan diserbu pesepeda, sirna!

Tampak pesepeda dari club-club di Denpasar, seperti: Lelasan, Sandat CC, Satak CC ....... dll, Lalu, .... pada kemana pesepeda Gianyar? Mana tuh para expatriate, ........ tamu-tamu yang doyan wisata sepeda di Ubud ? kurang promosi ya ......... ? Apa tamu memang sedikit? Takut imbas eksekusi Amrozy kalik?
Atau........, sepeda belum bisa menyaingi sepeda motor di Ubud? Hahaha ...., tukang ukir semuanya bisa beli sepeda motor! murid-murid, esempe sudah "ngonda", ..... nyicil melalui finance, .... anak mudah pe, syaratne gampaaaang!!!!!!! Sing nyidang mayah, paling disita!

Ayoooo pesepeda Gianyar, banguuuuunnnnnn !!!!!!!"

Kemudian ........, tidak banyak veteran yang tampak pagi itu di lokasi, padahal hajatan ini sepenuhnya didedikasikan untuk para Veteran kita.
Bapak veteran yang lain mana? Juga hanya dua orang veteran dengan peci khasnya tampak di samping sepeda ontelnya, di antara ratusan pesepeda lainnya.
Tampaknya Komunitas Pesepeda Gianyar harus ekstra keras mempromosikan enaknya bersepeda! ..... pasti! tunggu aja!

"Ikut genjot pak?" begitu kurang lebih arti pandangan peserta.
Senyum lepas pak Veteran seakan-akan menjawab: "m.e.r.d.e.k.a!"
Akhirnya, lebih beberapa menit pukul 07.00,




Bupati Gianyar, terlebih dahulu mengapresiasi penyelenggaraan rally ....
"Spektakuler! ....., ngobrolnya nanti aja ya, ayooo kita bersepeda biar sehaaatt!"

Katanya, kemudian...... langsung menuju sepeda.

Cok Wah, ......... salah satu penglingsir Puri Ubud dapat tugas mengibaskan bendera start.

Selepas kibasan bendera start, ..... Bupati Gianyar diikuti ratusan pesepeda meluncur (surfing kali meluncur ..................) ke arah timur melewati pasar Ubud untuk kemudian berbelok ke timur menuju Peliatan.



Setelah Peliatan, ..... route yang di tempuh adalah Mas-Mawang-Lod Tunduh-Monkey Forest ...... --> Finish di depan Puri Ubud.


Secara umum, rallynya sih biasa-biasa saja; ..... mulai dari route, kemasan acara, hadiah .......... Yang menjadi menarik kemudian justru .... "Kok pesertanya sedikit?"


Pada saat istirahat, Lolak, Si MC kocak agak kerja keras ngelucu untuk menarik perhatian pesepeda ......... Suasana sedikit menghibur ketika "Simpang-siur BMX Biker's memperlihatkan kebolehannya ................




"Yan ..yan,....... toleh bapak to helm-ne me-bok...!!!!!!!!!!"


Suasana akhirnya bertambah adem karena hadiah utama berupa Sepeda Motor ditarik lebih awal sementara hadiah hiburannya masih banyak. "Bupatinya mau pulang!!!!!" Pulang, pulang aja pak, kenapa hadiah utama ditarik dulu ...................., bubar deh pesepeda lainnya!!!!!
"Malas nunggu, hondanya sudah keluar, paling yang masih baju kaos sponsor, payung .........,

......... pulang aaahhhh!!!"
Sukawati, di rumah mertuanya Ajus (Sukadarma),
.................makan "be guling...!"

Salam Satak.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar