Senin, Maret 09, 2009

-> LUHUR Yeh Panes, Mengesta, Penebel, Tabanan ...!

Telat lagi, .... telat lagi...!
(kebiasaan buruk yang terpelihara....!)

Tampaknya satakan sepeda pada terlambat bangun kali ini. Maklum sih, ...... karena kemarin malamnya (7 Maret 2009) mereka pada "melekan" nabuh angklung di "Sanggah Gede" keluarga pak Nyoman Trisna a.k.a. Mantameng ~ salah seorang satakan sepeda juga ~ yang sedang menyelenggarakan acara Yadnya Mendak-Nuntun/Ngelinggihang Dewata/i, ... jadi terlambat deh bangunnya.

Apa hubungannya satakan sepeda dengan nabuh angklung?

Ya...! Inilah ciri-ciri "kutun banjar" ("kutu" nya banjar = paling getol, ..... tak pernah absen, tak pernah diam kalau sudah beraktifitas di Banjar, Adm). Tak peduli sekarang sudah tua, tetap saja bersemangat. Maklum BTN = "Bocah Tua Nakal" haha ....., kalau sudah urusan meramaikan pekraman (Banjar, Adm) ~ dalam artian positif loh! ...BERKUMPUL-BELAJAR-BERKARYA... ~ mereka-mereka lah biangnya!
Salah satunya, ya angklung ini....! Sebagian besar satakan sepeda adalah juga pemrakarsa sekaligus anggota Sekaa Angklung Taruswara Kencana Banjar Kayumas Kaja ~ yang baru dibentuk 21 April 2007, sekitar 2 tahun yan lalu. Sekaa Angklung ini Platformnya (biar gagah...!): Memelihara dan menumbuh kembangkan IUDN atau DNUI; ...Iseng Ulian Demen Ngayah atau Demen Ngayah Ulian Iseng ~ silahkan aja dibolak-balik ~ ...... yang penting: "sekare tetep ke Widhi ...! Oleh karena itu, prilakunya adalah "n.g.a.y.a.h"; .... mendedikasikan diri sepenuhnya untuk "menyamabraya", di "Pekraman" khususnya. Boleh dikatakan organisasi yang non profit oriented lah!
Lah...! Kock jadi promosi .......!

Kembali ke sepeda .......!
Pukul 06.30 balai banjar ~ tempat kita biasa berkumpul ~ masih kosong!
Putu Liong pun yang biasanya paling rajin ~ dengan kacang ijo + telor rebusnya~ baru nongol pukul 07.00, ...... masih "kijap-kijap" dia, matanya sedikit merah...!

Yang lainnya mana...?

Ya itu tadi, ...... bergadang dan tambahan lagi mendung bergelayut tebal menambah dinginnya suasana pagi, apalagi antara sadar tak sadar tangannya narik selimut......., "nengkul" lagi....!, wah...... tambah anget deh! Alamat berangkatnya kesiangan....!
Kalau obyek touring hanya dekat-dekat aja, sampai di Ubud atau Semana misalnya, .... berangkat kesiangan sih nggak apa-apa (Ahhh, kebanyakan excuse.....). Tapi, sasaran kali ini adalah Yeh Panes, Penebel. Dari segi Km jaraknya sih nggak terlalu jauh, paling sekitar 40 - 60 Km one way, tapi ......, medan tempuh nya mengarah ke pegunungan (Gunung Batukaru, Adm). Tahu sendirilah...! Namanya juga pegunungan, ..... tanjakan biasanya merayap panjang nggak habis-habisnya, ............. pastinya!

Putu Liong sudah selesai "ngaturang penyemeng" di prahyangan banjar, ........ haha..... dumogi Ida Bhatara lan ancangan sadaya arsa ledang katurang kacang ijo lan telor rebus (Mudah-mudahan Ida Bhatara menerima persembahan kacang ijo + telor rebus):

Mangkin damuh druwene pacang nyurud, ..... nunas pica bayu,
......... entud niki mangdane kereng ngenjot sepeda ke Yeh Panes, Penebel,
..... selamet rahayu rawuh ring genah tetujon, lan rahajeng mewali ka pakubon.
(semoga kacang ijo+telor sisa persembahan ini memberikan tenaga
dan dengkul ini menjadi kuat ngenjot)
Astuuuu...!

Oh ya......, sebelum terlanjur cerita ngalor ngidul, ini dia Putu Liong yang lagi berulang tahun tanggal 8 Maret 2009. Yang keberapanya nggak sempat nanyak, barangkali juga tidak terlalu penting (baca: kurang etis).
Dia ngorder satakan untuk diajak ke Yeh Panes, ..... sponsor tunggal!!!!
Ya deh, SELAMAT ULANG TAHUN aja deh, semoga sehat selalu...!
Thank you atas undangan dan sponsornya.

Sekupasan telor rebus, datang Dekotel sedikit gupuh: "Hujan di seputaran nangka....!" katanya sambil merogoh hape, mungkin mau nelpon satakan: "achh!....kebiasaan yang jelek, sudah janji jam 07.00 masih harus ditelpon" Dekotel grendeng-grendeng sama Putu Liong. "Katanya berangkat jam 07.00, mana temen-temen ......?"
Sambil nyendok kacang ijo, Putu Liong nyahut: "Sudah,.... sudah! sudah pada siap kok...!" (Siap ngapain dulu, siap ngopi? apa siap mandi? ......, semua juga siap!).
Oke deh,..... kita tunggu aja sambil menikmati kacang ijo + telor rebus, ..... biar nggak stress menunggu....!!!!!

Haha ..... si Yande "alu" datang ~ pukul 07.29 ~ masih pake celana kolor. "Sorry, sorry....... gerobaknya mogok. Tolong dorong gerobak bentar, ......... accunya soak!" Katanya sama Dekotel dan Liong.

Pukul 07.47 satakan pesepeda sudah pada nongol.........! Oh ya, kebetulan (lansia) Werdha Tuwed Mas juga ada acara: "mau metirtayatra ke Pura di seputaran Bedugul" kata Pak Wayan Karsa yang sedang ngobrol sama Komang "kepler" dan Man Trisna.

Sambil sama-sama menunggu, tampaknya Komang "kepler" "ngompori" Pak Wayan Karsa dengan virus sepeda.
"Ayo naek sepeda pak, metirthayatra penting, ........... naek sepeda sekali-sekali juga perlu. Kan sama-sama cari sehat. Bedanya cuman jasmani dan rohani aja".
Menurut berita, Pak wayan Karsa ini ~ seorang mantan Kareteka ~ diam-diam sudah pinjam sepeda beberapa kali. mungkin sudah mulai tertarik. Tampaknya serius sekali nanyak-nanyak sepeda.
Ya....! Bagus deh......, di samping sehat, semakin banyak sepeda di Kayumas Kaja.

O oow...! Kok jadi ngalor ngidul ceritanya, .... sudah Pukul 08.00 si Kunyit belum muncul. Nyoman Trisna bilang pulang ganti baju, ..... nggak nongol-nongol. Jangan-jangan nggak jadi berangkat, ...... mungkin capek habis punya kerjaan. Alamat jam setengah sembilan baru bisa berangkat.


Berangkat...!

Benar aja, Pukul 08.20 baru bisa berangkat. Untung suasana masih mendung, ...... suasana agak remang-remang. Jadi anggap aja baru jam 07.00 ...... hahahaa......
Sempat juga terpikir, kalau nggak mendung, sekitar 2 jam perjalanan akan tersengat matahari. Oka sempat ngajak naek mobil sampai tabanan, biar nggak kepanasan. aaachhh .... EGP! Genjot aja.....! Dari beberapa hari sudah exited genjot jalur barat, yang agak jarang ditempuh.
Ayooooo semangat ...!

Sesuai kesepakatan, kita akan ambil jalur Taensiat - Gatsu - Bedahulu - Peguyangan - Sading - Lukluk .... jalan raya Tabanan .... - Rumah Sakit Tabanan ke kanan, nanti kita rencananya akan tembus di terminal Tuakilang - langsung durrrrr Penebel...!
Bayangan kita sih sasaran akhir adalah di Yeh Panes Penatahan. Tapi, ngomong-ngomong genjot sambil ngobrol, .... Alu merencanakan the last point adalah Yeh Panes di Penebel. Dia nggak tahu namanya. Katanya sih sudah pernah survey. Emang penelitian .....! Wah.... kalau begitu, berarti di pertigaan jegu kita akan terus ke utara menuju pasar Penebel. Rasain ...........! Oke! siapkan mental ...... menggrayangi tanjakan menuju Penebel.

"Biar sampai di ujung dunia, ...... biar tanjakan panjang membentang, ...... sekali pedal dikayuh, pantang diputar balik. Asal dengkul Patkay tua kagak copot aja ............ genjoooootttt!!!!!"

Haha ......, belum berapa menit genjot tapi pikirannya sudah jauh di Penebel, ..... baru juga sampai di Gatsu...!
Tuh lihat Oka di depan lagi nyetop kendaraan, mau nyeberang ke jl. Bedahulu.
Awas Oka...! ada bus gede dari depan .........!

Jalur pedalaman taensiat - bedahulu - peguyangan - sading, .... biasa kita tempuh kalau ngenjot ke arah barat menuju Gerih, Baha, Abiansemal, ..... atau ke arah Sangehlah.
Tapi, dari Sading nanti kita akan ke barat menuju Lukluk - Kapal - Kediri - Tabanan.

Hujan gerimis, tidak ada halangan, biar baju di belakang kotor kena cipratan ban belakang, wajah juga kena cipratan ban depan. Kadang-kadang oleh ban belakang teman yang menyalip, ...... EGP!
Ayoo maju (genjottt) terus, pantat mundur .....!

Tuuhhh... lihat! Mereka sedang menuruni tangga menuju jembatan kecil di atas sungai yang membelah Peguyangan dengan Desa Sading. Wilayah ini tepatnya di komplek Grand Kori, Peguyangan, Denpasar.

Keluar dari komplek Grand Kori ~ melintasi sebuah perbukitan yang cukup terjal, dengan jalan setapak tanah liat yang kalau hujan becek dan licin, tapi sekarang ditutupi dengan bongkahan-bongkahan aspal, wah ... tambah konyol deh ~ kita akan tiba di wilayah Sading.

Hujan turun! Walaupun gerimis tapi lumayan juga basah. Enaknya, suasana genjot jadi adem ......! Yang agak terganggu sih kamera, hape, ipod ............., basah deh.....!

Secara umum, sebenarnya genjotnya biasa-biasa aja, tapi karena jalur barat, daerah Tabanan khususnya memang jarang di jajagi, jadinya kesempatan genjot ke Yeh Panes ini cukup menyenangkan.
Rombongan sudah memasuki wilayah persawahan di daerah sading bagian selatan, yang sudah semakin sedikit akibat terkena alih fungsi lahan dari sawah jadi perumahan. Ya, biasalah ...... para petani di Bali banyak yang gemar "latihan baris-berbaris", ..... adep kanan adep kiri! Miris rasanya dada ini mendengar cemoohan bahwa orang bali beli bakso jual tanah sementara wong dauh tukad ke Bali jual bakso beli tanah ....!
Lihat sawahnya, jalan subaknya diaspal chooiii...! Bagus deh..! Karena jalan aspal memang mereka butuh untuk jalan "sapi besi" (baca: traktor) ketika akan membajak sawah, ....... asal jangan nanti buru-buru dialih fungsikan jadi rumah.
Masih di seputaran pemukiman Sading Selatan, ada jalan tanjakan yang dibeton. Tingginya mungkin tidak seberapa, tapi sedikit licin apalagi hujan.
Untuk bisa genjot naek harus pakai ancang-ancang. Kalau tidak dapat ancang-ancang, .... ya kanggoang dituntun.
Yande "Alu" ngenjot sambil tereak-tereak: "Awak gen gede-gede, ....... gelem ne? Masak mone gen nandan sepeda, ..... minggir....., minggir......, yang nuntun sepeda harap tahu diri, minggir.....!!!" Berhasil tampaknya dia!
Si Kunyit jengah.....!!! ~ tadinya sempat mogok di pertengahan karena terhalang teman ~ Sengaja memberikan kesempatan kepada yang lain untuk lewat, bahkan dia pasang ancang-ancang dari kejauhan, ..... mau coba lagi menaklukkannya!
yaaakkkk..... genjot terus, .... yaaakkk... pruuuut !
Akhirnya dia gagal juga! Jangan dipaksa, dari pada jantungnya copot, tilesang ragane lingsir brow...!

Habis sudah persawahan dan pedesaan, kini tulen aspal...! Rombongan sudah meninggalkan Kediri menuju kota Tabanan.
Sepanjang Lukluk - Kapal - Kediri - sampai Tabanan yang perlu diwaspadai memang lalu-lintas yang walaupun hari Minggu, toh juga cukup ramai. Maklum juga libur panjang, banyak kendaraan plat jawa sliweran di sepanjang jalan antar propinsi.

Setiba di Kota Tabanan, walaupun belum pernah melaluinya, kita shortcut di traffic light depan Rumah Sakit Tabanan ke kanan. Perjalanan sudah mulai merayap. Saking jalan ini belum pernah dilalui makanya sedikit tidak terasa walaupun menaik elevasinya.
Estimasinya kita akan keluar di Terminal Tuakilang yang berada di jalan raya menuju Penebel, sekitar 5 KM arah utara Kota Tabanan.
Untung cepat bertanya, hampir saja kelewatan. Jalannya sedikit mengecoh, ..... limestonenya sudah pada hanyut, berlobang lagi. Tampaknya jalan ini hanya jalan penghubung desa yang hanya bisa dilalui sepeda motor. Mobil sepertinya tidak bisa lewat di sana.

Sudah bisa dipastikan, karena wilayahnya di pedalaman Tabanan, pemandangannya masih asri dengan bentangan sawah yang indah.
Ada sekitar 2 - 3 KM perjalanan, kita sudah tiba di Pertigaan persis di depan Terminal Tuakilang.
Waktu sudah menunjukkan pukul 10.20, rencananya kita akan istirahat sejenak di sini.
Kebetulan ada sebuah pemandangan yang menarik, coba lihat foto di sebelah kiri; ada patung yang cukup besar terlilit akar beringin di pelinggih, di pertigaan.
Ya, umur pohonnya pasti sudah cukup lama, dan tampaknya pula tidak ada yang rungu dengan perkembangan akar beringinnya sehingga akar beringin berangsur-angsur mengurung, membelit patung.
Barangkali beginilah kejadiannya tentang para pertapa jaman dulu ~ sekarang konon masih dialami oleh para Sadu (pertapa) di India ~ yang duduk bersila bertahun-tahun sampai tubuhnya terlilit pohon.


Istirahat beberapa jenak! Dingin .....!!!!!!!
(SSssst!... kebetulan ada dagang kopi ....)

Sekitar 1 KM di utara Terminal Tuakilang, satakan sudah berkerumun di sebuah warung di pinggir jalan.
Mau ngopi mungkin untuk menghangatkan badan dari dingin akibat kehujanan dari Denpasar.
Kenapa tidak di Terminal, ..... kan di sana banyak warung.... ?
Haha.... rupanya ada magnet penarik di warung ini. Ehmnnnn..........., ada dakocannya pakai celana pendek, panteeessss.....!!!!

"Teh hanget siki buk ....?" pinta Ajus.
"Manis pak .....? dagangnya bertanya kembali
Eeeee ... yang nyahut malah Oka:"Yen kene manis dagange, tiyang yeh putih gen kanggoang..!" Dagangnya jadi tersipu-sipu gitu ...!
Ngelah gen Oka .....!
"Sampunang duka buk, nggiiihh! ....... timpal tiyange niki nak demen mecanda" kata yang lain.
Wah...., lumayan....... penat jadi hilang.
Lantaran tadi pagi cuman kena kacang ijo dan telor rebus, satakan sudah pada lapar. Maklum, tanjakannya bandeeeel! Tambah tenaga dulu. Bakso ayam mie kanggo+kenyem dakocane, hahahaaa .......

Hampir 30 menit sempat istirahat, perjalanan dilanjutkan.
Waduh..... tanjakannya! Yang masih agak muda mungkin nggak masalah, tapi bagi Patkay tua cukup melelahkan. Coba bayangkan, kalau genjotannya dihentikan, sepedanya diam ...........! Itupun gear depan sudah yang terkecil loh! Uaaabooot tenan....!
Yaaachhhh, yang penting genjot, pasti sampai ..........!

Satu persatu desa sepanjang Tuakilang sampai Penebel kita lalui, seperti Wanasari, Buruan! Oh ya, kita lewati juga obyek penangkaran kupu-kupu, ..... tapi cuman lewat aja kok.
Akhirnya kita sampai di pertigaan Jegu. Kalau ke kiri kita ke Yeh Panes Penatahan langsung ke Pura Batukaru. Tapi kita akan terus merayap ke arah utara menuju Penebel.
Oke deh...! istirahat dulu ya..!


Pertigaan Penebel!

Perjalanan dari pertigaan Jegu kalau mau diceritakan, isi ceritanya hanya nanjak ......, nanjak, ..... nanjak dan nanjak! Landai tapi bandel! Begitulah kira-kira.
Singkan cerita, kita sudah sampai di Pertigaan Desa Pitra, Penebel. Pertigaan ini adalah akhir dari tanjakan untuk sementara. Dari pertigaan ini, kalau ke arah utara adalah jalan menuju Jatiluwih ~ wilayah yang terkenal dengan keindahan terasering perswahannya ~ tapi kita akan berbelok ke kiri ke arah desa Mengeste.
Ahh .. di mana pula itu...?
Lagunya Yande "Alu", lagi sedikit aja, paling 6 Km ........
Oke deh ...., kita lanjutkan, siapa takut!!!!

Tampaknya, Pasar di Pertigaan Penebel ini memang daerah ketinggian. Artinya, ke mana-mana arahnya menurun ........, asssyyyiiikkk ...!
ada bonus ketika kita melanjutkan perjalan ke arah Barat. Aspalnya sudah compang-camping penuh kerikil dan berlobang. Jadi harus berkonsentrasi sedikit kalau tidak mau tergelincir kerikil atau terjungkal karena kena lobang.








Tuh mereka di kejauhan, bonus tapi handling harus bagus. Meleng berarti jumpalitan cium aspal. Kurang lebih sekitar 2 KM turunan dari pasar dan berakhir di tapal batas Desa Mengesta.
Tuh Dekotel sedang menunggu di tapal batas.
Lalu .........?
Namanya juga turunan, ..................... habis turunan, nanjak lagi, .... pastinya! Elevasi tanjakan cukup tajam, .... uuuhhh...., panjang lagi seperti tak ada hentinya.
Ah, Patkay jadi orang penting, karena selalu harus ditunggu....! (baca paling belakang). Kalau urusan speed Patkay nyerah, tapi kalau urusan mental, jamin deh. Sepanjang dengkul ini masih bisa ngenjot, ke ujung dunia pun jadi...!

Oka sempat beli duren! 3 buah Rp. 35.000 katanya. Murah buanget ....., jangan-jangan nyem ..... ?

Coba lihat Oka, sementara Patkay nafasnya kembang kempis, eeeee ... si Oka santai banget, pake nenteng duren.

tanjakan ................,
tanjakan..........................,
tanjakan........................................,
tanjakan .................................................,
tanjakan .........................................................,
tanjakan ...............................................................,

Kapan habisnya nech ....!

Untuk menghilangkan stress dan kejenuhan nanjak, kita berphose dulu yuk! tanjakan urusan nanti. Uuuuahhh ...narsisnya mereka!






























Di depan masih ada tanjakan lagi ... hik, hik.., hik ...... Sebegini melaratnya mau cari air panas. "Yen tawang kene, jumah gaenang ibane yeh hanget ...!"
Hahaha ..................., guyon kok. Yang jelas suasananya sangat mengasyikkan, biar nanjak terus. Coba lihat pemandangan alamnya, perkebunannya, persawahan berlatar belakang Gunung Batukaru! Wah, ... seperti dalam lukisan (ehmnn ... berpuisi dik apang saru kenyel e!).

Ayo lanjutkan genjot, sedikit lagi .........! Tuh .... sudah kelihatan dari sini.
Ahh .. guyonan kuno, kalau soal kelihatan, bulan juga kelihatan .....!

Sekali lagi, memang suasana mendung betul-betul jadi penolong.
sudah menunjukkan pukul 12.00, sengatan matahari pasti akan menguras tenaga. Yakin dan sumpah ...!!!!

Di samping itu, harus diakui, pemKalau saja tidak mendung, coba bayangkan, sementara tanjakannya masih merayap ........., nggak brenti-brenti ....., waktu juga andangan dan kesegaran udara sangat segar dan sehat membuat kita tetap exited.


Pura Luhur Yeh Panes, Megeste, Penebel...!

Akhirnya, ...... akhirnya, uhhh ..... sampai juga di tempat tujuan, .....hampir pukul 12.30.












Apalagi yang mau diceritakan kalau sudah begini, serasa sorga ....! Silahkan deh dibayangkan betapa nikmatnya, habis dari penyiksaan kemudian dapat sorga ............! Rendeman di air panas.
Kalau tak ceritain nantinya takut mengganggu hayalan anda ......!!!
Haha ...... coba lihat! Persis seperti berendem di panci ...!!! Di kolam ini, panasnya air sudah mulai berkurang karena agak jauh.


















































Di hulu kolam ini ada pancuran yang airnya lebih panas karena lebih dekat dengan sumber, ..... ya .... di atas suam kuku lah! Ueeennaaaakkkk... sekali loh! Yang punya kerek-koreng-kurap-kudis, dianjurkan berendem di sini ..... hahaha .....! Nak seken ne...!!!!
Satakan sempat kehilangan Oka, kemana dia? Haha ..... rupanya Oka lagi ngerebus "telor", berendem sendiri di pancoran yang airnya lebih panas. Awas jangan lama-lama! Nanti telornya semuwuk ka!




























































































"Go home!"

























































































Sampai jumpa di lain kesempatan!
Salam Satak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar